1.
Pemilik/Pengusaha
a. Unsur
bisnis
Berdasarkan
yang telah saya teliti dan tanyakan di Dzaky.net Bahwa unsur dari membuka
warnet ini adalah unsur bisnis.
Yang mana tujuan
dari membuka warnet ini adalah usaha berbisnis, dimana pada saat ini di kota jambi
sedang genjarnya kebutuhan warnet dikalangan masyarakat sehingga usaha ini
cocok untuk dikembangkan karna sangat menguntungkan. Apalagi lokasi mendukung
dan starategis karna sangat dekat dengan sekolah-sekolah.
b. Wujud/bentuk
ruangan
Bentuk ruangan
warnet yang saya teliti berbentuk persegi panjang dan untuk ruang
cpu/komputernya dibuat seperti kotak-kotak/billing
supaya tidak menggangu pengunjung yang satu dengan yang lain dan supaya mereka tidak sungkan apa yang akan mereka akses atau membuka situs yang mereka inginkan dan juga tidak mengganngu konsenterasi mereka saat mencari tugas. Kalau dibuat berderetan bukan memakai kotak-kotak/billing, sebagian dari mereka akan merasa terganggu dan itu juga bisa membuat pengunjung berkurang.
supaya tidak menggangu pengunjung yang satu dengan yang lain dan supaya mereka tidak sungkan apa yang akan mereka akses atau membuka situs yang mereka inginkan dan juga tidak mengganngu konsenterasi mereka saat mencari tugas. Kalau dibuat berderetan bukan memakai kotak-kotak/billing, sebagian dari mereka akan merasa terganggu dan itu juga bisa membuat pengunjung berkurang.
Billing yang ada
di Dzaky.net terdapat sebanyak delapan billing, akan lebih jelas pada fhoto
yang terlampir.
c. Klasifikasi
unit
Diwarnet
tersebut untuk game, data akses dan lain-lain tidak dipisahkan, mereka bebas
untuk memilih Billing yang mana atau nomor yang tertera dibilling tersebut
jikalau di saat kosong.
d. Lokasi
Adapun lokasi
atau tata letak yang saya teliti ini bertempat di jl. A. Thalib, no. 32 kec.
Telanai Pura Prov. Jambi.
2.
Pengguna
(user)
Persentase
kalangan penguna
Dari data yang
saya ambil dari 50 orang pengunjung selama 2 minggu di Dzaky.net saya
memperoleh data pengunjung dari warnet tersebut dikalangan:
-
Mahasiswa sebanyak 24%
atau 12 orang
-
Pelajar sebanyak 61%
atau 31 orang
-
Umum sebanyak 14% atau
7 orang
3.
Materi
yang banyak dipergunakan (user content)
a. Game
sebanyak 22 orang
Dari data yang
saya peroleh pengunjung di dzaky.net lebih banyak untuk bermain game online
dari pada untuk mencari yang lain seperti tugas dll.
b. Common
browsing sebanyak 5 orang
Dari data yang
saya peroleh hanya lima orang dari 50 orang yang mengunakan common browsing.
Seperti music, video, Mp3 dsb, para penguna lebih memilih meminta kepada
temannya dari pada harus lama-lama mendownload di warnet.
c. cari
tugas 6 orang
dari banyaknya
pengunjung yang saya amati yang mencari tugas hanya 6 orang dari 50 orang yang
ada diwarnet tersebut. Disini bisa saya simpulkan bahwa dikota jambi sangat
kurang minatnya untuk mencari tugas baik itu dikalangan pelajar ataupun
mahasiswa, malahan mereka lebih memilih untuk bermain game dan
facebookan/twitteran.
d. Facebook
11 orang
Data yang saya
dapat dari penelitian tersebut dari 30 data yang saya ambil hanya 11 orang yang
bermain facebook.
e. ngedate
6 orang
enam orang dari
pengunjung yang ada memilih ngedate di warnet, mereka beralasan bahwa ngedate
diwarnet itu lebih nyaman dan enak dan bisa chatting dengan teman-teman bareng pacar dan juga ada
yang beralasan bahwa diwarnet bukan hanya sekedar pacaran melainkan untuk mencari
tugas bersama dan bisa berdiskusi bagaimana kesimpulannya yang bagus.
KESIMPULAN
Dari penelitian saya ini dapat saya simpulkan bahwa
pengunaan penguna di warnet ini lebih banyak pelajar dari pada mahasiswa dan
umum. Dan diwarnet ini para penguna lebih banyak untuk memilih bermain game
dari pada untuk mencari tugas atau yang lainnya karna game merupakan seseorang
menjadi lupa dengan waktu, bahkan lupa uang akan habis karena maen game
tersebut. Apalagi game sangat berpengaruh kepada pelajar-pelajar.
fhoto dzaky.net
Dari
depan
Dari
sudut belakang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar