Senin, 16 April 2012

CONTOH PENELITIAN WARNET


1.      Pemilik/Pengusaha
a.       Unsur bisnis
Berdasarkan yang telah saya teliti dan tanyakan di Dzaky.net Bahwa unsur dari membuka warnet ini adalah unsur bisnis.
Yang mana tujuan dari membuka warnet ini adalah usaha berbisnis, dimana pada saat ini di kota jambi sedang genjarnya kebutuhan warnet dikalangan masyarakat sehingga usaha ini cocok untuk dikembangkan karna sangat menguntungkan. Apalagi lokasi mendukung dan starategis karna sangat dekat dengan sekolah-sekolah.  
b.      Wujud/bentuk ruangan
Bentuk ruangan warnet yang saya teliti berbentuk persegi panjang dan untuk ruang cpu/komputernya dibuat seperti kotak-kotak/billing
supaya tidak menggangu pengunjung yang satu dengan yang lain dan supaya mereka tidak sungkan apa yang akan mereka akses atau membuka situs yang mereka inginkan dan juga tidak mengganngu konsenterasi mereka saat mencari tugas. Kalau dibuat berderetan bukan memakai kotak-kotak/billing, sebagian dari mereka akan merasa terganggu dan itu juga bisa membuat pengunjung berkurang.
Billing yang ada di Dzaky.net terdapat sebanyak delapan billing, akan lebih jelas pada fhoto yang terlampir.
c.       Klasifikasi unit
Diwarnet tersebut untuk game, data akses dan lain-lain tidak dipisahkan, mereka bebas untuk memilih Billing yang mana atau nomor yang tertera dibilling tersebut jikalau di saat kosong.
d.      Lokasi
Adapun lokasi atau tata letak yang saya teliti ini bertempat di jl. A. Thalib, no. 32 kec. Telanai Pura Prov. Jambi.
2.      Pengguna (user)
Persentase kalangan penguna
Dari data yang saya ambil dari 50 orang pengunjung selama 2 minggu di Dzaky.net saya memperoleh data pengunjung dari warnet tersebut dikalangan:
-          Mahasiswa sebanyak 24% atau 12 orang
-          Pelajar sebanyak 61% atau 31 orang
-          Umum sebanyak 14% atau 7 orang
 
 
3.      Materi yang banyak dipergunakan (user content)
a.       Game sebanyak 22 orang
Dari data yang saya peroleh pengunjung di dzaky.net lebih banyak untuk bermain game online dari pada untuk mencari yang lain seperti tugas dll.
b.      Common browsing sebanyak 5 orang
Dari data yang saya peroleh hanya lima orang dari 50 orang yang mengunakan common browsing. Seperti music, video, Mp3 dsb, para penguna lebih memilih meminta kepada temannya dari pada harus lama-lama mendownload di warnet.
c.       cari tugas 6 orang
dari banyaknya pengunjung yang saya amati yang mencari tugas hanya 6 orang dari 50 orang yang ada diwarnet tersebut. Disini bisa saya simpulkan bahwa dikota jambi sangat kurang minatnya untuk mencari tugas baik itu dikalangan pelajar ataupun mahasiswa, malahan mereka lebih memilih untuk bermain game dan facebookan/twitteran.
d.      Facebook 11 orang
Data yang saya dapat dari penelitian tersebut dari 30 data yang saya ambil hanya 11 orang yang bermain facebook.
e.       ngedate 6 orang
enam orang dari pengunjung yang ada memilih ngedate di warnet, mereka beralasan bahwa ngedate diwarnet itu lebih nyaman dan enak dan bisa chatting  dengan teman-teman bareng pacar dan juga ada yang beralasan bahwa diwarnet bukan hanya sekedar pacaran melainkan untuk mencari tugas bersama dan bisa berdiskusi bagaimana kesimpulannya yang bagus.
  
KESIMPULAN
Dari penelitian saya ini dapat saya simpulkan bahwa pengunaan penguna di warnet ini lebih banyak pelajar dari pada mahasiswa dan umum. Dan diwarnet ini para penguna lebih banyak untuk memilih bermain game dari pada untuk mencari tugas atau yang lainnya karna game merupakan seseorang menjadi lupa dengan waktu, bahkan lupa uang akan habis karena maen game tersebut. Apalagi game sangat berpengaruh kepada pelajar-pelajar.
fhoto dzaky.net
Dari depan
Dari sudut belakang
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar